Me @ Tea Linux OS Release Party

Puncak rangkaian acara Open Source Week (OSW) yang diselenggarakan oleh DOSCOM adalah Release Party TeaLinuxOS versi 2.0! Acara yang direncanakan dimulai Sabtu, 06 Maret 2010 telah dipersiapkan dengan matang sejak malam sebelumnya. Panitia dengan semangat menggodok konsep acara dan mensetting tempat sedemikian rupa hingga nyaman untuk digunakan esok paginya saat release party.

Acara yang dibuka oleh Devryan Bayu sebagai ketua pelaksana kegiatan OSW ini dilanjutkan dengan sambutan oleh Ayah Edy Mulyanto S.Si, M.Kom sebagai Ketua Jawa Tengah Open Source Center dan Pembina Doscom. Dalam sambutannya, Beliau menceritakan tentang awal mula terbentuknya DOSCOM, hingga terlahirlah sebuah manifesto yang hingga saat ini menjadi penopang semangat kami (DOSCOM). Continue reading “Me @ Tea Linux OS Release Party”

Main Game Playstation 1 dengan ePSXe di Ubuntu 9.10 Karmic Koala

epsxeTertarik mengulang sukses memainkan game-game lama di PS1, coba aja install emulator PS di ubuntu siapa tau bisa. Akhirnya aku menemukan beberapa sumber yang ku kombinasikan agar bisa menginstall game tersebut. Pertama tentunya kita mengunduh emulator tersebut yang versi linux. Disini saya menggunakan ePSXe, emulator yang ditandai dengan bintang 5 di berbagai situs emulator ternama. ePSXe versi linux bisa anda dapatkan disini Continue reading “Main Game Playstation 1 dengan ePSXe di Ubuntu 9.10 Karmic Koala”

Slideshow Wallpaper di Ubuntu

Star-Wars-Republic-Commando-1354Setelah baca tutorial di sana-sini, terinspirasi pengen bikin wallpaper slideshow sendiri di ubuntu. Sambil buka-buka folder wallpaper lama di berbagai hardisk, akhirnya aku putuskan untuk membuat wallpaper ber tema star wars. Caranya mudah, yang diperlukan hanyalah sistem operasi ubuntu desktop, disini saya menggunakan versi 9.10 Karmic Koala serta text editor gedit untuk membuat script nya. Continue reading “Slideshow Wallpaper di Ubuntu”

Koala that runs like Leopard

mac
Berbekal ubuntu 9.10 karmic koala dan beberapa ide untuk memodifikasi desktop, aku terinspirasi untuk mengubah tampilan laptopku jadi mirip-mirip dengan mac. Dimulailah perburuan themes mulai dari theme AWN, desktop icon, termasuk wallpaper. Kemudian aktifkan AWN dengan theme macosx, atur menu-menunya sesuai selera. Kemudian kustomisasi theme gdm dengan controls glossy, window border saya menggunakan ubuntu studio dengan bulatan-bulatan tombol di kanan atas serta icon OSX yang bisa didapat di gnome look, dan jangan lupa cari wallpaper yang bagus hingga hasilnya seperti gambar diatas. Koala that runs like Leopard. ^_^V

Install codec pada ubuntu

codec?? ya, bagi pengguna ubuntu sudah pasti tahu betapa ubuntu sangat menghargai hak cipta, hingga codec yang dipergunakan untuk membuka berkas2 bajakan tidak disertakan secara default. banyak cara untuk menginstall codec ini, bisa mencari satu persatu setiap paket yang berawalan gstreamer pada synaptic atau menggunakan terminal secara manual. atau bisa saja pindah repository ke medibuntu untuk install w32 codec, satu paket .deb yang memuat semua codec. namun kini ada cara yang lebih menyenangkan, ada satu paket yang tersedia di repository secara umum. cukup menghubungkan ubuntu kita pada internet, atur repository terdekat, lalu sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras dan semua paket-paket codec bawaan gstreamer termasuk flashplugin akan terinstall sekaligus. selamat mencoba…

DNS lokal bikin resolve lebih kenceng

Menggunakan telkomsel flash gk selamanya lancar, kadang ada kendala DNS eror atau resolve yang lama karena berebut mesin DNS dengan user-user mobile broadband lain karena setiap kali akan mengakses suatu situs maka komputer kita akan me-resolve domain name situs tersebut untuk mendapatkan alamat IPnya. Satu cara sederhana untuk mengurangi beban resolving dari komputer kita adalah dengan membuat DNS lokal, bisa menggunakan bind yang kini tersedia versi 9 nya. Pertama-tama kita perlu alamat DNS resolver yang sudah tersedia. Setelah terkoneksi dengan DHCP berikut DNS nya, kita bisa baca alamat-alamat tersebut dengan perintah nano /etc/resolv.conf dan nanti kita akan menemukan untuk pengguna telkomsel flash akan terbaca sebagai berikut. Continue reading “DNS lokal bikin resolve lebih kenceng”

bug modem huawei e169 di ubuntu 9.10 karmic koala

ScreenshotRelease ubuntu 9.10 karmic koala bukan tanpa bug, beredar berbagai pernyataan bahwa kernel yang digunakan yakni 2.6.31-14 bermasalah dengan modem huawei baik seri e169 maupun e220 serta beberapa seri lain. Banyak sekali solusi dilemparkan di internet mulai dari aplikasi switching untuk mengubah dari storage ke modem dan lain-lain yang belum berhasil mengenali huawei e169ku sebagai modem. Dan akhirnya kuputuskan untuk mengupdate kernel dengan berkas yang tersedia disini dan melakukan installasi paket-paket .deb tersebut. Dan hasilnya meski sedikit aneh, device terdeteksi sebagai modem dan dapat digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan network manager standar.

Pelatihan Open Source @ Universitas Diponegoro

Hari ini merupakan hari terakhir setelah serangkaian pelatihan mulai tanggal 20 Oktober 2009 hingga 22 Oktober 2009. Pelatihan mengangkat materi Open Source sebagai solusi perangkat lunak demi menyongsong penggunaan perangkat lunak legal pada 2011 nanti. Pelatihan dibuka oleh bapak Pembantu Rektor II Dr Muhammad Nur dengan pengantar singkat mengenai kebijakan-kebijakan Universitas Diponegoro terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
100_3729
Pelatihan dipimpin oleh bapak Singgih Saptadi dari Teknik Industri dan saya dipercaya sebagai instruktur didampingi 4 asisten yang siap sedia mendampingi peserta dalam mengikuti pelatihan. Materi pelatihan diawali seputar ubuntu desktop sebagai sistem operasi open source dilanjutkan aplikasi-aplikasi seperti open office, browser Mozilla Firefox, Mesengger dengan Pidgin, serta multimedia dengan VLC Player, GIMP, Audacity. Keseluruhan materi yang dibawakan menggunakan perangkat lunak open source, dan meski aplikasinya open source, didemokan juga versi windows dari aplikasi-aplikasi tersebut sehingga bila peserta terlanjur memiliki sistem operasi windows yang legal, mereka tetap dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut di sistem operasi yang ada.

Satu lagi publikasi di Scribd

Setelah menyelesaikan tugas matakuliah Sistem Informasi berupa paper tentang software, terpikir untuk publikasi di internet lewat situs langgananku yaitu Scribd. Dokumen bertajuk Sistem Operasi Ubuntu Server ini dibuat dengan format IEEE sesuai template yang ada dan disusun dengan bahasa Indonesia sepanjang 5 halaman. Semoga bermanfaat