Web Based Distance Learning System : Milestone V1

Web Based Distance Learning System : Milestone version 1

  • Requirements Gathering for Ubiquitous Learning Environtment -> enhancing curent milestone
  • General Class Management System
    • General Class Dividance System
    • Chapter Management System
    • Quiz and Exam Management System
  • General User Leveling System
    • Teacher Leveling System
    • Instructor Leveling System
    • Student Leveling System
  • Managed Online File Storage System for Distance Learning
    • Learning Material File System
    • Assignment and Solution Management System
    • Class Member File Sharing
  • Interactive Multimedia for Distance Learning
    • Multicast Video Conferencing
    • Interactive Global Panel
  • General Class Documentation System
    • Lecture Notes Management System
    • Multimedia Learning Documentation System
  • Guest View
    • Open Course System
    • Free Download Area
    • Multimedia Gallery
  • User Statistic

Main Game Playstation 1 dengan ePSXe di Ubuntu 9.10 Karmic Koala

epsxeTertarik mengulang sukses memainkan game-game lama di PS1, coba aja install emulator PS di ubuntu siapa tau bisa. Akhirnya aku menemukan beberapa sumber yang ku kombinasikan agar bisa menginstall game tersebut. Pertama tentunya kita mengunduh emulator tersebut yang versi linux. Disini saya menggunakan ePSXe, emulator yang ditandai dengan bintang 5 di berbagai situs emulator ternama. ePSXe versi linux bisa anda dapatkan disini Continue reading “Main Game Playstation 1 dengan ePSXe di Ubuntu 9.10 Karmic Koala”

Slideshow Wallpaper di Ubuntu

Star-Wars-Republic-Commando-1354Setelah baca tutorial di sana-sini, terinspirasi pengen bikin wallpaper slideshow sendiri di ubuntu. Sambil buka-buka folder wallpaper lama di berbagai hardisk, akhirnya aku putuskan untuk membuat wallpaper ber tema star wars. Caranya mudah, yang diperlukan hanyalah sistem operasi ubuntu desktop, disini saya menggunakan versi 9.10 Karmic Koala serta text editor gedit untuk membuat script nya. Continue reading “Slideshow Wallpaper di Ubuntu”

cek pengunjung situsmu

Sejak awal memiliki blog pribadi dengan alamat lokal saya telah menginjeksikan script dari google analythics yang memeriksa statistik kunjungan ke situs ini. Tujuannya sederhana untuk memantau pengunjung. Berapa banyak yang mengunjungi, seberapa sering, sisi mana yang digemari, sisi mana yang kurang digemari, hingga informasi dari mana mereka mengetahui alamat situs ini. Apakah menemukan dari search engine, link dari situs lain ataupun sudah mengetahui sebelumnya dan mengetikkan alamat situs ini di browser mereka. Banyak hal bisa didapatkan dengan bantuan google analythics selain informasi-informasinya lengkap, ditampilkan pula dengan bentuk yang menarik dan mudah dianalisa dengan berbagai grafik dan diagram yang bisa langsung nampak bagian-bagian informasi yang ingin kita ketahui. browser Kemudian iseng saya melihat informasi browser yang digunakan. Apakah browser yang sedang marak akhir-akhir ini? dan hasilnya cukup mencengangkan ternyata. Dengan menggunakan sampel 620 pengunjung terakhir, tercatat 76% lebih pengunjung menggunakan firefox, 10% lebih menggunakan chrome, 6% lebih menggunakan opera dan kurang dari 4% yang menggunakan internet eksplorer. Ada apa gerangan disana? ternyata chrome telah mulai menggeser opera yang terkenal ringan dan cepat. Dan tak dapat dipungkiri firefox sebuah browser open source dengan berbagai varian seperti iceweasel, flock, dan lain-lain masih merajai persaingan browser. Meski selisih masih cukup jauh, namun chrome senantiasa mengejar ketertinggalan. Meski bisa dibilang paling muda, dukungan besar-besaran dari google mengangkat nama chrome yang bukan tak mungkin nanti akan menjadi pesaing berat firefox.

Install codec pada ubuntu

codec?? ya, bagi pengguna ubuntu sudah pasti tahu betapa ubuntu sangat menghargai hak cipta, hingga codec yang dipergunakan untuk membuka berkas2 bajakan tidak disertakan secara default. banyak cara untuk menginstall codec ini, bisa mencari satu persatu setiap paket yang berawalan gstreamer pada synaptic atau menggunakan terminal secara manual. atau bisa saja pindah repository ke medibuntu untuk install w32 codec, satu paket .deb yang memuat semua codec. namun kini ada cara yang lebih menyenangkan, ada satu paket yang tersedia di repository secara umum. cukup menghubungkan ubuntu kita pada internet, atur repository terdekat, lalu sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras dan semua paket-paket codec bawaan gstreamer termasuk flashplugin akan terinstall sekaligus. selamat mencoba…

Satu lagi publikasi di Scribd

Setelah menyelesaikan tugas matakuliah Sistem Informasi berupa paper tentang software, terpikir untuk publikasi di internet lewat situs langgananku yaitu Scribd. Dokumen bertajuk Sistem Operasi Ubuntu Server ini dibuat dengan format IEEE sesuai template yang ada dan disusun dengan bahasa Indonesia sepanjang 5 halaman. Semoga bermanfaat

Openmeetings, solusi konferensi open source (installasi)

Berbicara mengenai video conferencing, pasti terbayang oleh kita seperangkat peralatan canggih dan mahal mulai dari audio system, microphone meja, projector dan kamera CCTV canggih. Belum lagi multimedia network device yang menyediakan fasilitas jaringan sehingga dapat mentransmisikan data-data audio/visual dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan demikian kedua lokasi yang cukup jauh itu dapat saling berkomunikasi. Dari penjabaran ini saja telah terbayang betapa rumit dan mahalnya melakukan tele conference. Continue reading “Openmeetings, solusi konferensi open source (installasi)”

new performance, new spirit…

akhirnya upgrade juga ni laptop. setelah mikir2 dan menimbang2, pilihan jatuh ke hardisk sata bikinan fujitsu segede 320GB, duit gajian beberapa minggu lalu jadi modal. trus dipikir2, kalo hardisk nambah, memory jg butuh gede lah… dan di lokasi tempat beli hardisk itu aku tanyain sekalian ada RAM gak?? dan akhirnya kuambil sodim kingston 2GB 2keping, jadi total 4 gb… mantabh… langsung pasang deh… Continue reading “new performance, new spirit…”