Lokasi Baru

Setelah sekian lama tidak ada publikasi, akhirnya posting baru diterbitkan dari lokasi baru. Dengan berbagai pertimbangan, alamat web sebelumnya yaitu harindrawisnu.web.id dimigrasikan ke harindra.org dengan harapan agar lebih mudah diingat dan diakses.

Selamat menikmati 🙂

Web Perpustakaan Pascasarjana Undip

lib
Satu lagi hasil karyaku telah diluncurkan di internet. Sebuah sistem informasi perpustakaan yang berbasis di program pascasarjana Universitas Diponegoro. Memiliki alamat yang cukup mudah diingat yaitu lib.pasca.undip.ac.id yang menginduk dari subdomain pasca pada domain Universitas Diponegoro.
Sistem ini dibangun untuk berjalan pada web service Apache dan basis data MySQL. Dan perlu anda ketahui semua, tools yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini hanya gedit, sebuah text editor standar yang ada di setiap distribusi ubuntu linux. Sudah menjadi kebiasaan umum setiap web yang kubuat tidak menggunakan tools yang bermacam-macam, cukup satu untuk semua. Continue reading “Web Perpustakaan Pascasarjana Undip”

Wajah Baru Vclass-Undip

vclassSetelah sekian lama berkutat di tampilan primitif yang cuman berisi <UL> <A HREF> dan script-script sederhana lainnya, terpikir olehku untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dan informatif terutama untuk keperluan pengembangan vclass undip selanjutnya.
Pilihan CMS kembali jatuh pada wordpress yang terpercaya menampung data-data PT Fadhol Utama Sentosa, blog ini, serta beberapa blog yang saya kelola di berbagai hosting. Berbekal template dari rocketthemes, saya susun blog ini sedemikian rupa dengan menu-menu yang ada. Tertarik mengetahui lebih jauh? silahkan kunjungi blog vclass-undip disini

Enkripsi hash dengan algoritma kubus

Tertarik mengembangkan algoritma kubus pada salah satu tugas mata kuliah terdahulu saya mencoba menggunakan bentukan kubus untuk membuat sebuah sistem enkripsi searah atau hash. Enkripsi searah seperti ini telah cukup populer dimanfaatkan sebagai media penyimpanan password untuk mengakses suatu sistem. Pemanfaatan enkripsi searah memungkinkan sistem menyimpan data password terenkripsi tanpa mengetahui password aslinya sehingga pengguna tidak perlu khawatir menyimpan data password tersebut pada sistem. Telah banyak enkripsi searah ditemukan dan dipergunakan, namun tidak sedikit pula yang terpecahkan metode dekripsinya sehingga tidak lagi dipergunakan.

kubus

Berbekal konsep kubus, saya mencoba mengembangkan algoritma tiga dimensi sebagaimana sebelumnya saya manfaatkan untuk metode error correction, kali ini saya manfaatkan untuk enkripsi searah. Konsepnya sederhana, kita bayangkan kubus sebagai bangun ruang yang dibelah dari titik tengahnya baik membujur, tegak dan mendatar sehingga menjadi delapan bagian yang lebih kecil, empat di atas dan empat dibawah, atau dengan sudut pandang lain empat kanan empat kiri, dan bisa juga dipandang empat di depan dan empat di belakang. Setiap potongan ini nantinya yang disimpan sebagai kata kuncinya sehingga nantinya hash akan disimpan kedalam 8 karakter saja atau 16 nible, yang membutuhkan setengah dari MD5 yang sudah umum kita gunakan.

Continue reading “Enkripsi hash dengan algoritma kubus”

Enkripsi CBC-Space

Sambil menanti bapak Kodrat IS di ruang Sistem Informasi Fakultas Teknik, saya tertarik untuk menambah koleksi enkripsi pada web pribadi saya.cbc
Sukses menerapkan enkripsi Cipher Block Chaining (CBC) pada mikroprosesor berbasis MCS-51 serta mengembangkan enkripsi Space dan enkripsi dinamic space saya tertarik untuk menggabungkan ketiga metode tersebut menjadi sebuah enkripsi. Masih melanjutkan proses konversi huruf-kode bawaan dari enkripsi Space yang telah dikembangkan dengan kemampuan memasukkan kunci seperti pada enkripsi dinamic space penulis mencoba mengubah metode enkripsinya dari awalnya hanya menggunakan Space atau ruang selisih antara dua bilangan penulis memanfaatkan metode Cipher Block Chaining yaitu enkripsi sederhana menggunakan operasi XOR yang dilakukan berantai antar karakternya sehingga suatu karakter menentukan kunci untuk enkripsi selanjutnya. Untuk memperkuat, sesuai namanya space hasil operasi XOR ini tidak disimpan langsung sebagai karakter melainkan disimpan sebagai selisih dari karakter sebelumnya sehingga proses dekripsi menyelisihkan terlebih dahulu baru di XOR kembali untuk mendapatkan karakter aslinya. Enkripsinya dapat dilihat pada link berikut atau silahkan membandingkan dengan enkripsi-enkripsi lain disini.

cek pengunjung situsmu

Sejak awal memiliki blog pribadi dengan alamat lokal saya telah menginjeksikan script dari google analythics yang memeriksa statistik kunjungan ke situs ini. Tujuannya sederhana untuk memantau pengunjung. Berapa banyak yang mengunjungi, seberapa sering, sisi mana yang digemari, sisi mana yang kurang digemari, hingga informasi dari mana mereka mengetahui alamat situs ini. Apakah menemukan dari search engine, link dari situs lain ataupun sudah mengetahui sebelumnya dan mengetikkan alamat situs ini di browser mereka. Banyak hal bisa didapatkan dengan bantuan google analythics selain informasi-informasinya lengkap, ditampilkan pula dengan bentuk yang menarik dan mudah dianalisa dengan berbagai grafik dan diagram yang bisa langsung nampak bagian-bagian informasi yang ingin kita ketahui. browser Kemudian iseng saya melihat informasi browser yang digunakan. Apakah browser yang sedang marak akhir-akhir ini? dan hasilnya cukup mencengangkan ternyata. Dengan menggunakan sampel 620 pengunjung terakhir, tercatat 76% lebih pengunjung menggunakan firefox, 10% lebih menggunakan chrome, 6% lebih menggunakan opera dan kurang dari 4% yang menggunakan internet eksplorer. Ada apa gerangan disana? ternyata chrome telah mulai menggeser opera yang terkenal ringan dan cepat. Dan tak dapat dipungkiri firefox sebuah browser open source dengan berbagai varian seperti iceweasel, flock, dan lain-lain masih merajai persaingan browser. Meski selisih masih cukup jauh, namun chrome senantiasa mengejar ketertinggalan. Meski bisa dibilang paling muda, dukungan besar-besaran dari google mengangkat nama chrome yang bukan tak mungkin nanti akan menjadi pesaing berat firefox.

Plugin pilihan untuk wordpress

Plugin sebenarnya hanya tambahan untuk suatu sistem atau software. Banyak plugin tersedia atau kita bisa buat sendiri untuk nantinya ditambahkan ke sistem yang sudah ada. Tidak terkecuali WordPress, sebagai Content Management System (CMS) yang bersifat open source, banyak plugin tersedia di situs wordpress yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik tampilan blog wordpress kita. Disini saya sarankan tiga plugin yang cukup menarik dan saya manfaatkan pada blog ini.

Yang pertama di sisi keamanan, saya menggunakan reCAPTCHA untuk menghadang serangan spam pada komentar-komentar di posting yang saya buat. Seperti saya posting sebelumnya banyak spam yang berkeliaran di internet dan meninggalkan komentar-komentar tidak bertanggung jawab berupa link-link maupun tulisan-tulisan junk. Hal ini tentunya membuat pemilik maupun pembaca merasa tidak nyaman bila melihatnya. Tampilan reCAPTCHA kurang lebih sebagai berikut.

captcha Disini ditampilkan kata-kata secara acak berupa gambar sehingga tidak terbaca oleh script gambar apakah itu namun manusia dapat mengetahui dan menganalisa sehingga tahu apa tulisan yang tertera pada gambar tersebut. Sebuah metode sederhana untuk membedakan manusia dan script. Dengan demikian komentar-komentar dari script yang bisa mencapai ribuan sekali kirim bisa dihindari. Continue reading “Plugin pilihan untuk wordpress”