riauheadline_SMPN-2

UNBK

Tolong yang punya akses ke kementrian pendidikan bisa dibantu sampaikan.

Menghadapi fenomena UNBK (Ujian Nasional Berbasis Kompetensi eh Komputer) selaku praktisi IT saya merasa wajib untuk ikut urun rembug mengutarakan gagasan pada masyarakat baik para tenaga pengajar, peserta didik maupun unit administrasi yang mengelola sarana dan prasarana pendukung kegiatan tersebut.
riauheadline_SMPN-2
Dengan pertimbangan ujian nasional dilaksanakan hanya setahun sekali, tidak setiap hari, seharusnya tidak perlu pengadaan hardware server, cukup manfaatkan cloud yang saat butuh bayar aktif, selesai ujian data direkap, selesai, tak perlu bayar lagi, dan resourcesnya bisa digunakan untuk yang lain.
Perbandingan harganya cukup jauh, Server fisik bisa seharga diatas 6 juta, sementara 1 unit cloud server cukup 1juta per bulan, misal diaktifkan selama 2 bulan misalnya, ya cukup 2 juta saja.
Bagaimana aksesnya? bila sistem dibuat web based, peserta didik bisa mengakses melalui gadget masing-masing, sekolah cukup menyediakan prasarana bagi peserta didik yang kurang mampu dan belum memiliki gadget. Dan tidak perlu PC dengan harga 2juta keatas, cukup tablet wifi yang dibawah 1 jutaan, selesai.
Sebagai pertimbangan lain, kita sudah terlalu banyak meninggalkan sampah di muka bumi, termasuk didalamnya sampah elektronik, sudah saatnya kita sharing resources dan memanfaatkan infrastruktur yang ada semaksimal mungkin, disamping itu usul diatas diproyeksi bisa menghemat anggaran hingga 60%, perlu dipertimbangkan juga mengingat hutang negara sudah cukup banyak.

One thought on “UNBK

  1. Sepakat dengan idenya. Sudah terlalu banyak pemborosan di negeri ini, terlalu banyak project berkedok demi pendidikan & kemasyarakatan namun sebenarnya adalah “bagi-bagi proyek” para petinggi. Sudah banyak pula sampah elektronik & sampah masyarakat!

    *lha kok tekan sampah masyarakat segala dibawa-bawa*

    Semoga ide ini bisa tersampaikan ke Pak Menteri Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *