16121247_303

Usul

Biar gk dikira generasi bisanya protes melulu, saya coba ikut usul. Terkait prahara minoritas Rohingnya yang didzolimi oleh negaranya. Sebelumnya saya mohon maaf bila ada tutur kata yang terlalu vulgar, namun saya akan berusaha menahan tulisan di bawah bersih dari umpatan. Kalau dirasa sulit mengusulkan sangsi baik via ASEAN maupun UN, ada baiknya kita minta izin ke institusi-institusi tersebut untuk “mengadopsi” kaum minoritas Rohingnya. Kirim beberapa kapal pengangkut milik TNI AL untuk menjemput mereka, lalu akan dikemanakan? Ada beberapa alternatif.

Salah satu alternatifnya jadikan transmigran. Banyak kerajaan-kerajaan di Kalimantan yang rajanya kebetulan muslim yang taat dan bisa dimintai tolong untuk ikut mensukseskan program ini, terutama dengan menampilkan kearifan dan kebijaksanaan sehingga kaum pendatang ini bisa disambut saudara-saudaranya disana. Prinsipnya, mereka bisa di-manusia-kan dan diberi pekerjaan yang halal, mereka tak akan menuntut gaji tinggi selama bisa hidup layak dan beribadah dengan baik. Mereka bisa menggarap lahan sawit, alih-alih dibakar dan jadi masalah dengan tetangga, mereka bisa membuka lahan tanpa merusak lingkungan dengan biaya relatif murah.

16121247_303

Opsi lain, dengan dilontarkannya program pembangunan infrastruktur, mereka bisa dilibatkan dalam membangun jalan-jalan baru, jalur-jalur rel kereta api, dan berbagai program pembangunan lain. Daripada mendatangkan tenaga kerja dari tiongkok.
Disamping pekerjaan kasar, kita bisa menyeleksi mereka berdasarkan kemampuan akademis, sehingga sebagian dari mereka bisa menerima beasiswa studi untuk ikut membangun Indonesia, dan nantinya bisa diharapkan untuk ikut membantu saudara-saudaranya di negri ini.

Masyarakat yang terbiasa menerima tekanan, akan relatif lebih kuat dan tangguh, dan sudah banyak contoh mualaf yang relatif lebih taat dibanding muslimin yang diislamkan orang tuanya sejak lahir. Saya optimis warga negara baru ini akan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, karena mereka sadar berhutang nyawa pada negri ini.
Dalam prosesnya, banyak sumber dana bisa dialirkan untuk membantu mereka, sudah banyak pengelola zakat yang siap membantu, bahkan politikus-politikus, entah itu legislatif maupun kepala daerah, saya sangat yakin mereka akan tertarik untuk membantu meski diawali dengan niat pencitraan, saya yakin dengan membantu akan membuat hati mereka tersentuh dan kemudian beritikad baik untuk bersungguh-sungguh memperbaiki bangsa dan negara ini.

Selain itu dari kalangan bisnis, produsen air minum dalam kemasan sudah bergerak untuk membantu mengalirkan 10 liter air bersih ke masyarakat yang membutuhkan untuk setiap 1 liter air minum yang kita beli, bagaimana kalau produsen minyak goreng menyelamatkan 1 nyawa untuk setiap 10 liter minyak goreng yang dia jual, saya jamin penjualannya akan segera meroket dan menguasai pasar.

Saya yakin dengan kerjasama yang solid antara ulama, pemerintah serta kalangan industri, kita bisa membantu menyelesaikan masalah ini. Bangsa kita sudah terlalu sering terpecah belah, kadang kita perlu masalah-masalah semacam ini untuk menyadari bahwa kita satu sama lain adalah saudara, dan perlu belajar bahwa dengan bekerjasama, kita bisa menghadapi apapun rintangan di depan sana.

Demikian usul saya, maaf kalau kurang berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *