Nggak penting, tapi bikin penasaran

model-pngSedang mencoba memahami penambahan fitur-fitur di profil facebook, kita mengisikan data dulu dengan sembarang isian dan dibatasi dengan koma. Bagaimana bisa tiba-tiba data itu menjadi list beberapa item?

Masih penasaran dengan metode konversi record berupa array string menjadi index dimana seluruh data string tadi dikonversi menjadi tabel baru yang memisahkan array string tadi dengan delimiter karakter tertentu lalu mengkonversinya menjadi beberapa record pada tabel baru sebanyak anggota array tersebut dan masing-masing memiliki index tersendiri yang unik dan auto increment, lalu mengembalikan index tersebut ke tabel asal sebagai pengganti value pada kolom yang sebelumnya berisi array string

Atau mungkin mereka menggunakan satu kolom baru, jadi kolom yang berisi array string tadi tidak berubah, mereka hanya menambahkan satu kolom baru berisi indeks dan mereka tidak membuat satu tabel baru, melainkan dua. tabel baru pertama berisi pecahan-pecahan array string tadi yang dipilah-pilah dengan delimiter tertentu menjadi beberapa record di satu kolom dan di kolom lainnya berisi index dari string yang telah dipilah-pilah tadi. nah tabel kedua berisi relasi antara tabel awal dengan tabel baru pertama sehingga dapat menghubungkan satu record di tabel awal dengan beberapa record di tabel baru pertama. dengan relasi terjalin antara indeks di kolom baru tabel awal dengan index pada tabel baru pertama yang dideklarasikan pada tabel baru kedua.

Atau mungkin justru mereka tidak perlu menambahkan kolom baru, karena setiap record di tabel awal pasti sudah memiliki index atau primary key, sehingga pada tabel baru pertama dilakukan pengisian data dari array string tadi, lalu indexnya auto increment dan data pada tabel baru kedua diisi dengan relasi antara index record string pada tabel baru pertama dengan primary key dari tabel awal.

Ah, ternyata begitu saja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *