Mencermati kembali arti kata palsu

ponsel-chinaMengamati fenomena belakangan mengenai gelang kesehatan yang katanya palsu, saya tertarik untuk mengupas apa sebenarnya makna dari kata palsu tersebut. Memang bagi subjek yang mengemukakan sesuatu, tuduhan palsu sangatlah menyakitkan, apalagi dalam urusan bisnis, akan sangat mengganggu prospek masa depan baik di sisi hubungan dengan suplier maupun dengan customer.

Makna kata palsu sendiri dari yang saya tangkap adalah sesuatu yang tidak asli atau tidak autentik. Uang palsu adalah uang yang tidak dikeluarkan oleh Bank Indonesia, sumpah palsu adalah sumpah yang tidak ditepati. Lalu pada kasus gelang kesehatan tersebut, apakah gelang itu palsu? ya gelang itu palsu bila menggunakan merk dagang namun tidak dipasarkan dari perusahaan pemegang merk lalu apakah gelang yang di produksi pemegang merk dagang itu palsu hanya karena tidak memiliki khasiat seperti iklannya? tidak, gelang itu asli hanya saja iklan nya lah yang palsu seperti sumpah palsu yang saya kemukakan diatas, bukan barangnya yang palsu. Komoditi itu asli produk perusahaan tersebut dan dengan dikeluarkannya pernyataan resmi tentang palsunya iklan tersebut, maka barang tersebut justru menjadi sah dan boleh dipasarkan sebagai komoditi dan tidak ada lagi kepalsuan didalamnya.

Sama halnya dengan handphone bermerek tiphone, blueberry, hiphone dan typo2 lainnya. itu bukan barang palsu melainkan barang asli dengan merk mereka sendiri. Justru barang-barang yang spesifikasinya tepat sama dan menggunakan merk dagang namun tidak dikeluarkan dari perusahaan pemegang merk dagang itulah yang palsu.

HATI-HATI, i-phone, i-pod, i-pad, blackberry, dan gadget-gadget anda mungkin saja palsu

berbahagialah bagi pengguna tiphone, hiphone, bluberry dll, karena barang itu asli (karena gk ada yang sebegitu bodohnya memalsukan merk gk jelas)

barang palsu anda bisa saja lebih berkualitas dari barang asli tapi merk typo. tapi bagaimanapun juga, yang palsu itu akan dimintai pertanggung jawaban nantinya :)

3 thoughts on “Mencermati kembali arti kata palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *