Slideshow Wallpaper di Ubuntu

Star-Wars-Republic-Commando-1354Setelah baca tutorial di sana-sini, terinspirasi pengen bikin wallpaper slideshow sendiri di ubuntu. Sambil buka-buka folder wallpaper lama di berbagai hardisk, akhirnya aku putuskan untuk membuat wallpaper ber tema star wars. Caranya mudah, yang diperlukan hanyalah sistem operasi ubuntu desktop, disini saya menggunakan versi 9.10 Karmic Koala serta text editor gedit untuk membuat script nya.
Yang pertama kali harus dilakukan tentunya adalah mengumpulkan resource wallpaper yang hendak dijadikan wallpaper. Silahkan pilih-pilih gambar dari directory anda atau bisa mengunduh dari berbagai source yang ada di internet. Pilih gambar dengan resolusi cukup besar mengingat nanti akan digunakan sebagai wallpaper. Masukkan semua ke dalam satu folder misal dalam hal ini saya memberi nama folder starwars. Gunakan nama folder yang mudah dan sederhana agar tidak merepotkan pada proses pengkodean nantinya. Setelah semua terkumpul, atur penamaan berkas menjadi sederhana, sekali lagi untuk tujuan kemudahan pengkodean. Format yang saya gunakan adalah 1.jpg, 2.jpg, 3.jpg dan seterusnya sesuai banyaknya gambar yang ada.
Langkah selanjutnya adalah membuat script slideshow yang diletakkan pada folder yang sama. Buat berkas baru dengan nama background.xml atau apa saja sesuai selera anda, tentunya yang sederhana. Script yang perlu isikan adalah keterangan startime dan detail background mulai durasi serta keterangan gambarnya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut.
<background>
<starttime>
<year>2009</year>
<month>08</month>
<day>04</day>
<hour>00</hour>
<minute>00</minute>
<second>00</second>
</starttime>

Kode starttime diatas merupakan start awal perhitungan waktu wallpaper, nantinya durasi-durasi akan dihitung mulai dari nilai awal tersebut sesuai siklus urutan pada kode selanjutnya. Kode gambar ada dua tipe yaitu static dan transition, static adalah dimana hanya satu gambar yang ditampilkan dan tetap untuk durasi tertentu, sementara transition merupakan transisi antara dua gambar dalam durasi yang relatif lebih singkat. Kodenya ditampilkan sebagai berikut.
<static>
<duration>1795.0</duration>
<file>/usr/share/backgrounds/starwars/1.jpg</file>
</static>
<transition>
<duration>5.0</duration>
<from>/usr/share/backgrounds/starwars/1.jpg</from>
<to>/usr/share/backgrounds/starwars/2.jpg</to>
</transition>
<static>
<duration>1795.0</duration>
<file>/usr/share/backgrounds/starwars/2.jpg</file>
</static>
<transition>
<duration>5.0</duration>
<from>/usr/share/backgrounds/starwars/2.jpg</from>
<to>/usr/share/backgrounds/starwars/3.jpg</to>
</transition>
<static>
<duration>1795.0</duration>
<file>/usr/share/backgrounds/starwars/3.jpg</file>
</static>
<transition>
<duration>5.0</duration>
<from>/usr/share/backgrounds/starwars/3.jpg</from>
<to>/usr/share/backgrounds/starwars/1.jpg</to>
</transition>
</background>

kode diatas hanyalah contoh untuk tiga gambar, ditampilkan pada awal kode merupakan gambar 1 statik, kemudian transisi 1 ke 2, kemudian statik 2, dan seterusnya hingga transisi dari gambar 3 ke gambar 1 kembali. Untuk gambar yang lebih banyak bisa ditambahkan sesuai selera. Bila anda menggunakan nama folder yang berbeda, sesuaikan kode ini dengan mengganti nama folder starwars dengan nama folder sesuka anda. Setelah kode selesai dibuat, pindahkan seisi folder ke direktori /usr/share/backgrounds sehingga folder anda akan menjadi subdirectory /usr/share/backgrounds/starwars sehingga sesuai dengan kode yang anda buat.
Setelah berkas wallpaper serta kodenya siap, kita tinggal membuat kode untuk memanggil wallpaper tersebut. Untuk memanggilnya, kita buat berkas misal saya beri nama starwars.xml atau bisa anda ganti sesuai kehendak anda. Isikan kode berikut pada berkas tersebut.
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<!DOCTYPE wallpapers SYSTEM "gnome-wp-list.dtd">
<wallpapers>
<wallpaper deleted="false">
<name>Starwars</name>
<filename>/usr/share/backgrounds/starwars/background.xml</filename>
<options>zoom</options>
</wallpaper>
</wallpapers>

Bila anda tadi menggunakan nama folder atau nama berkas xml yang berbeda, sesuaikan kode filename dengan folder anda pada bagian starwars/background.xml dengan namafolder/namaberkas.xml sehingga berkas ini tidak salah sasaran. Setelah berkas ini jadi, masukkan berkas starwars.xml ini ke direktori /usr/share/gnome-background-properties/ sehingga lokasinya menjadi /usr/share/gnome-background-properties/starwars.xml
Coba minimize semua jendela yang ada, klik kanan pada desktop dan pilih Change Desktop Background dan lihatlah apa yang anda temukan, sebuah wallpaper slideshow baru berisi gambar-gambar yang tadi telah anda kumpulkan…
Cukup sederhana bukan, silahkan mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *